Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sukses Go Digital Dengan Teknologi Cloud Computing

 

       ( Gambar 1 Sukses Go Digital Dengan Teknologi Cloud Computing )

Di zaman era digital ini, banyak perubahan yang terjadi terutama dikalangan para penggiat usaha yang dimana sebelumnya berjualan dipasar atau disuatu tempat dan kini penggiat usaha tersebut banyak yang migrasi ke pasar online yang bisa dikatakan dengan istilah Go digital. Seperti halnya pedagang baju yang berjualan dipasar dan kini banyak baju yang di jual melalui situs / website toko online maupun di sosial media, sehingga penjual dan pembeli dapat berinteraksi langsung melalui fitur chat yang tersedia dan produk tersebut dapat dipromosikan dengan unik dan menarik dan hal tersebut mampu menarik daya minat pembeli serta mempermudah pembeli / customer untuk melihat produk yang dijual tanpa harus datang ke lokasi penjualnya langsung yang kini dapat diakses melalui website, sosial media dan aplikasi.

Seperti kita ketahui, Kehadiran teknologi cloud computing ini sangat memberikan banyak dampak terhadap para penggiat usaha yang sudah migrasi ke Go digital. Mungkin, ada sebagian teman - teman yang belum mengetahui alias masih awam dengan apa itu teknologi cloud computing, oleh karena itu kita akan bersama - sama membahas tentang bagaimana "Teknologi Cloud Computing".

( Gambar 2 Pengertian Teknologi Cloud Computing )

Pengertian Teknologi Cloud Computing :
Cloud Computing ialah kependekan dari cloud ( Awan ) dan computing ( Komputer ) yang biasa disebut sebagai komputasi awan. Jadi, Cloud Computing ialah sebuah teknologi yang memproses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet sehingga dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terhubung satu dengan yang lainnya dalam waktu yang sama. Cloud Computing itu sendiri dapat menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data serta aplikasi penggunanya tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu untuk menjalankan program, selain itu cloud computing dapat memudahkan penggunanya untuk mengakses data dan informasi melalui internet.

Nahh, jika teman - teman menggunakan layanan teknologi cloud computing ini, teman - teman dapat menyimpan data dan mengolah data secara online serta dapat berkolaborasi dengan banyak orang di waktu bersamaan, bekerja secara real time, dan lain sebagainya. Teknologi Cloud Computing ini telah menyediakan platform yang ready to use alias siap pakai, sehingga teman - teman tidak perlu menyiapkan alat - alat pendukung seperti perangkat keras mulai dari server, media penyimpanan ( storage ) serta perangkat lunak seperti aplikasi, dsb.

Untuk platform cloud computing ini tersedia open source ( gratis ) ada juga yang berbayar. Jika teman - teman ingin berlangganan untuk menggunakan layanan cloud computing yang berbayar, maka teman - teman akan dapat menikmati fitur - fitur tambahan yang lebih lengkap yang pastinya lebih komplit ( premium ) jika dibandingkan dengan versi yang gratis alias free nya.


                                                                                                ( Gambar 3 Manfaat Layanan Cloud Computing )

Manfaat Layanan Cloud Computing :
Teknologi Cloud Computing juga memiliki beberapa kegunaan dan fitur - fiturnya. Berikut ini penjelasan beberapa kegunaan dari teknologi cloud computing diantaranya :

1. Cloud Computing
Untuk soal kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna,  Cloud Computing merupakan pilihan yang tepat. Cloud Computing itu sendiri memiliki beberapa fitur serta teknologi yang canggih sehingga pengguna dapat bekerja secara fleksibel dimanapun dan kapanpun.

2. Cloud Storage
Jika teman - teman menggunakan layanan cloud computing, maka teman - teman tidak perlu menyiapkan storage maupun media penyimpanan data seperti : harddisk, ssd, dsb. dengan kapasitas yang besar untuk menjadi tempat penyimpanan data - data pribadi maupun data - data kesayangan teman - teman. 

Dengan dihadirkan teknologi cloud computing ini,  semua data yang teman - teman miliki dapat disimpan pada server storage cloud yang memiliki kapasitas tak terbatas dan untuk mengaksesnya pun sangat mudah bisa dimana pun dan kapanpun selama menggunakan koneksi internet. Cloud Storage ini dioperasikan secara online, sehingga untuk mengelola data serta pengambilan data itu menjadi lebih mudah dan flexibel. Jika teman - teman menginginkan / membutuhkan ruang cloud storage yang lebih lega / besar lagi, teman - teman dapat melakukan upgrade cloud storage ke provider layanan yang teman - teman pilih, namun setiap provider layanan cloud itu tersendiri memiliki masing - masing biaya yang berbeda.

3. Cloud Hosting
Cloud Hosting merupakan layanan cloud yang dikhususkan untuk web hosting. Cloud Hosting dapat menyimpan file dan data - data pada website teman - teman di server cloud. Cloud Hosting itu sendiri juga dapat menghemat waktu uptime pada sebuah website dan dapat menyeimbangkan beban distribusi servernya. hal ini disebut juga sebagai shared hosting. Sistem Cloud Hosting menggunakan berbagai macam server dari sumber yang terpusat, sehingga apabila ada server yang mengalami error, maka server lain tidak akan terpengaruh dan akan tetap berjalan normal. 

4. Cloud Backup
Cloud Backup ialah suatu metode pencadangan data yang menggunakan penyimpanan di server cloud. Keunggulan dari cloud backup ini ialah kemudahannya dalam mengoperasikan, mudah dalam memproses data, mudah dalam mengupgrade kapasitas cloud storage, serta data dapat diakses dimana saja, kapan saja, dan melalui media apa saja.

Cloud Backup ini memiliki keamanan yang tinggi karena sudah dilengkapi aplikasi anti-virus yang canggih dan terupdate, jika teman - teman membackup data menggunakan cloud akan menghindari resiko kerusakan data dari ancaman fisik, menghindari terjadinya rawan corrupt jika menggunakan media penyimpanan hardware, backup yang tidak rutin dijadwalkan maupun rentan terkena virus.

5. Cloud Database
Data yang tersimpan dan terkelola didalam server cloud disebut sebagai Cloud Database. Jadi, Cloud Database merupakan pangkalan data yang disimpan, dikumpulkan, diolah pada suatu platform cloud. Untuk cloud database ini dapat diolah secara pribadi maupun diserahkan pada provider penyedia layanan cloud. Dalam cloud database, secara otomatis data akan disimpan sehingga ketika setiap user ingin mengambil data, mengupload data, mengedit data, mengupdate data untuk diolah datanya, data tersebut akan selalu siap dan mudah diakses.

6. Cloud Routing
Cloud Routing adalah layanan yang dapat berfungsi melalui koneksi cloud interconnect maupun cloud VPN yang menggunakan BGP ( Border Gateway Protocol ) untuk jaringan VPS teman - teman. Cloud Routing itu sendiri terdistribusi serta terkelola menggunakan program rute yang dinamis dan dapat disesuaikan dengan traffic jaringan milik teman - teman. Cloud Router ini dapat berfungsi pada jaringan lama dan juga VPN para pengguna. 

7. Cloud Networking
Cloud Networking ialah salah satu infrastruktur IT yang dimana semua sumber daya jaringan yang mencakup virtual router, firewall, bandwith, dan lain sebagainya yang dihosting pada platform public cloud maupun private cloud. Cloud Networking ini dapat dikelola secara pribadi ataupun diserahkan kepada pihak cloud provider. Cloud Networking ini dapat diminta sesuai dengan pemintaan dan kebutuhan dari si pengguna serta bermanfaat dalam menangani kebutuhan infrastruktur yang sedang dalam proses pengembangan.

8. Cloud API
Bagi kalangan para programmer, sebutan "API ( Applications Programming Interfaces )" sudah pasti tidak asing lagi bagi mereka. Cloud API ini digunakan oleh infrastruktur cloud dalam mengalokasikan penyimpanan, sistem komputasi, serta sumber daya jaringan untuk layanan aplikasi maupun berbagai jenis layanan cloud yang diinginkan. ada beberapa jenis variasi pada layanan cloud API yang ditawarkan, diantaranya ialah :
- IaaS ( berguna untuk menyediakan komputasi dan penyimpanan mentah ), lalu ada 
- SaaS ( berguna untuk agar API berinteraksi dengan konektivitas serta penyediaan software aplikasi ), serta 
- PaaS ( yang berguna agar platform API menyediakan arsitektur backend untuk membuat aplikasi yang memiliki banyak fitur ).

9. Cloud Security
Cloud Computing bisa dikatakan sebagai "keamanan cloud computing" yang merupakan langkah yang tepat untuk melindungi data - data yang tersimpan dalam cloud. Banyak lapisan yang terdapat dalam cloud security, yakni : kontrol, prosedur, dan kebijakan. Semua hal ini digunakan untuk melindungi sistem dan data dalam media berbasis cloud, cloud security ini sangat dibutuhkan dalam melindungi data privasi pengguna, autentikasi akses pengguna, memantau arus lalu-lintas jaringan data, dsb.

Cloud Security ini dapat dikonfigurasi di satu tempat oleh penyedia layanan cloud, sehingga lebih menghemat pengeluaran untuk memonitoring, memaintenance, serta memanaged akun servicenya dan pengguna juga dapat fokus pada bidang lainnya.

10. Internet of Things ( IoT )
Seperti kita ketahui Internet of Things ( IoT ) ialah suatu teknologi yang pemanfaatan internet guna membantu berbagai macam keperluan manusia dalam sehari hari yang menggunakan teknologi yang dirancang dengan kecerdasan buatan, seperti halnya : remote control, robot pelayan restoran, sensor suhu tubuh, dan lain sebagainya. Semuanya dilakukan oleh sistem secara otomatis yang sudah dirancang oleh pemograman serta alat - alat yang dibutuhkan. Pengaturan dan pemanfaatan IoT dapat dilakukan melalui cloud. Dan lebih canggihnya, IoT memiliki kemampuan yang dimana bisa melakukan transfer data melalui jaringan tanpa bantuan sesama pengguna.


( Gambar 4 Kelebihan dan Kekurangan dari Teknologi Cloud Computing )

Kelebihan dan Kekurangan dari Teknologi Cloud Computing :
A. Kelebihan Cloud Computing

1. Mudah Di Akses
Jika teman - teman menggunakan cloud computing, maka data teman - teman tersimpan di dalam server di internet, sehingga pengguna pun dapat dengan mudah mengakses datanya dimanapun dan kapanpun selama menggunakan koneksi internet.

2. Murah
Cloud computing ini tidak memerlukan yang namanya maintenance dan mengurangi pemakaian listrik dan yang pasti penggunaan cloud computing ini sangat hemat biaya.

3. Hemat
Dengan hadirnya sistem komputasi awan ( cloud computing ), hal ini dapat mengurangi pengeluaran biaya yang banyak bagi pengguna maupun perusahaan karena tidak perlu melakukan pengadaan dan perawatan yang cukup besar.

4. Fleksibel
Jika teman - teman mempunyai jumlah data yang sangat besar, maka teman - teman tidak perlu memikirkan penambahan jumlah komputer, karena secara otomatis ia akan menambah kapasitas dalam hitungan beberapa menit dengan melakukan  self-provisioning.

5. Aman
Cloud computing itu sendiri sudah mengantongi sertifikasi terstandarisasi ISO yang dimana untuk segi keamanannya sudah pasti aman dan terjamin, sehingga para pengguna tidak perlu meragukan lagi untuk soal keamanan pada cloud computing.

6. Skalabilitas
Untuk layanan cloud computing ini akan menyediakan dan menawarkan penyimpanan sesuai dengan permintaan yang diinginkan oleh pengguna, jadi pengguna dapat menyesuaikan dengan mudah dalam memanajemen data yang akan disimpan di server cloud.

B. Kekurangan Cloud Computing
1. Selalu Bergantung Pada Koneksi Internet
Di zaman era digital ini, yang pasti koneksi internet sudah menjadi sesuatu yang menemani kita sehari hari. Apabila kita tidak memiliki kuota internet, ataupun tidak adanya jaringan dilokasi kita sehingga kita tidak bisa menggunakan koneksi internet, secara pasti kita tidak bisa mengakses ke mesin cloud computing kita dan kita pun tidak bisa mengelola data kita disana.

2. Bingung Terhadap Fitur Yang Di Sediakan
Mungkin ada beberapa pengguna yang masih bingung dan awam dalam mengelola data kita di setiap layanan cloud computing, karena terkadang setiap tampilan website dari provider layanan cloud computing yang memiliki banyak fitur, button, dan berbagai informasi lainnya, tentunya ini akan jadi problem kecil, tetapi tidak perlu khawatir karna pengguna yang masih bingung akan dipandu oleh helpdesk dari setiap provider layanan hosting, kita cukup perlu menghubungi melalui fitur chat yang telah disediakan oleh halaman website provider layanan cloud hosting tersebut.

3. Harus Memilih Vendor Yang Sudah Mengantongi Standarisasi ISO
Sedikit demi sedikit, sudah ada beberapa dari perusahaan maupun instansi yang beralih menggunakan cloud computing karena demi penghematan biaya yang tidak perlu membeli perangkat hardware maupun software serta merekrut tenaga IT, dan hanya perlu membayar biaya layanan cloud computing selama perbulan maupun pertahun untuk setiap jangka waktu penggunaannya serta akan tetap dapat memperoleh layanan dan fitur - fitur yang disediakan.

( Gambar 5 Cara Kerja dari Teknologi Cloud Computing )

Cara Kerja dari Teknologi Cloud Computing :
Dengan dihadirkannya teknologi cloud computing ini dapat menjadikan pengguna yang mempunyai bisnis maupun usaha menjadi lebih mudah dan menghemat biaya dalam mengelola data dengan internet yang sebagai pusat servernya. Pengguna dengan mudah bisa login selama menggunakan jaringan internet agar dapat mengakses untuk menjalankan program tanpa perlu menginstall aplikasi tersebut, sehingga penggunaan ruang memori yang ada dikomputer maupun laptop tidak terbebani, cukup menjalankan perintah - perintah yang diberikan oleh pengguna yang selanjutnya akan dilanjutkan ke server aplikasi yang langsung terintegrasi dengan sistem cloud computing yang ada di komputer ataupun laptop, sehingga data tersebut akan akan diproses yang nantinya pengguna akan menerima halaman maupun data yang sudah diperbarui sesuai dengan perintah yang diberikan sebelumnya oleh si pengguna tersebut selama menggunakan jaringan internet.

Untuk mengakses akun dari layanan cloud computing, pengguna cukup mengakses website si provider layanan cloud computing, pengguna pun akan diberikan arahan untuk mengaksesnya bagi yang masih bingung, serta disediakan juga fitur chat dihalaman website tersebut yang nantinya sangat berguna bagi pengguna jika bingung dalam mengelola data sehingga bisa memberikan pertanyaan dan akan dilayani oleh helpdesk dari provider layanan cloud hosting tersebut. Berikut ini contoh dari aplikasi berbasis web seperti : Google Drive, Gmail, Yahoo, dan lain sebagainya.


  ( Gambar 6 Struktur dari Teknologi Cloud Computing )

Struktur dari Teknologi Cloud Computing :
Computer Front End
Untuk computer front end merupakan bagian interface ( antar muka ), yang dimana dalam front end cloud computing merupakan bagian sisi dari client ( pengguna ) dan sisi dari system cloud computingnya yang kemudian masing - masing memiliki interface dan aplikasi yang disesuaikan dengan fungsional dari cloud computingnya tersebut.

Computer Back End
Sedangkan computer back end ialah bagian sisi dari server komputer yang dilengkapi data center. Computer back end ini melakukan kinerja yang tinggi, sehingga melayani banyak request data dari si pengguna tersebut.

Pengubung antara Computer Front End dan Back End
Perangkat ini bisa dikatakan sebagai perantara dari keduanya yang berupa jaringan internet maupun jaringan LAN, sehingga perangkat dapat terhubung ( connect ) dari satu sama dengan lainnya untuk dapat bertukar data dan informasi.

Tipe dari Teknologi Cloud Computing :
Berikut ini ada beberapa macam tipe - tipe dari cloud computing yang bisa dipakai oleh teman - teman maupun pengguna lainnya. Untuk mengetahui lebih detail mengenai macam - macam dari tipe Teknologi Cloud Computing, Hayu mari kita simak bersama - sama ;) !

1. Private Cloud
Private Cloud merupakan tipe dari penggunaan teknologi cloud computing yang hanya digunakan oleh satu perusahaan / instansi saja secara private. Penggunaan Private Cloud ini banyak digunakan oleh para pembisnis yang dimana sumber daya cloudnya dapat diatur dan hanya dapat dikelola serta dioperasikan oleh perusahaan atau instansi yang sama, sehingga sumber daya cloudnya tidak dibagikan ke pengguna lain alias tidak sama seperti tipe public cloud.

2. Community Cloud
Untuk Community Cloud biasanya digunakan untuk penggunaan berskala komunitas saja seperti halnya, Perusahaan A dan Perusahaan B ataupun perusahaan lain yang memiliki tujuan bersama dalam meningkatkan bisnis mereka, maka cloud computing tersebut bisa dikelola oleh internal perusahaan maupun perusahaan lainnya yang menjadi mitra kerja samanya yang memiliki tujuan bersama, sehingga dapat mengurangi beban biaya dalam membayar layanan cloud computing yang dimana biaya layanan cloud computing tersebut akan ditanggung oleh kedua belah pihak.

3. Public Cloud
Public Cloud Computing merupakan kebalikan dari tipe si Private Cloud, yang dimana layanan ini dapat bersifat public sehingga semua orang dari penjuru dunia dapat mengakses layanan ini secara gratis, namun ada juga yang berbayar jika ingin mendapatkan layanan dan fitur yang lebih banyak. Berikut ini ada beberapa contoh dari Public Cloud yakni: Facebook, Instagram, GetContact, Gmail, Whatsapp, Youtube, Twitter, Telegram, dan aplikasi sejenis lainnya yang dapat diakses secara public sehingga pengguna pun tidak perlu memerlukan biaya khusus untuk mengakses layanannya dan hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli kuota internet saja untuk mengaksesnya hehe:D.

Public Cloud itu sendiri juga memiliki kelemahan, yakni disektor keamanan data, sehingga kita perlu memilih provider dari layanan cloud computing dan hosting tersebut yang sudah memegang sertifikat berlisensi yang terpercaya ( Sertifikasi ISO ).

4. Hybrid Cloud
Sedangkan Hybrid Cloud, ia merupakan gabungan dari layanan Private Cloud dan Public Cloud, bisa dikatakan Hybrid Cloud ini merupakan layanan yang unik. Untuk mengaplikasikan layanan cloud ini hanya perusahaan maupun instansi tertentu saja. Layanan Hybrid Cloud ini memiliki interaksi seperti, O2O ( One to One ) atau O2M ( One to Many ). Hybrid Cloud ini juga dapat digunakan oleh cloud yang berbeda pada komputasi yang terikat bersama.

Nahh itu tadi merupakan pembahasan lengkap yang kita pahami bersama - sama mengenai tentang dari Teknologi Cloud Computing, saya yakin teman - teman sudah paham dengan teknologi tersebut setelah membaca artikel ini, nahh jika teman - teman sudah paham dan sudah tertarik ingin menggunakan layanan cloud computing untuk bisnis maupun usaha teman - teman, saya merekomendasikan kepada teman - teman untuk segera menikmati layanan Cloud Provider Indonesia yang terbaik saat ini yakni IDCloudHost. 

                                                                                        ( Gambar 7 Cloud Provider Indonesa "IDCloudHost" )

Mengapa saya merekomendasikan IDClousHost kepada teman - teman ??? Seperti kita ketahui, IDCloudHost merupakan penyedia layanan Web hosting Provider berbasis SSD Cloud Hosting terbaik diindonesia yang menyediakan layanan komputasi awan ( Cloud Computing ) seperti Cloud Hosting dengan Control Panel Cpanel dan Plesk. IDCloudHost juga menyediakan layanan Reseller untuk para wirausaha, pembisnis, maupun penggiat usaha lainnya yang ingin membangun Usaha Web Hosting maupun kebutuhan layanan lainnya seperti Server Virtual Private Server, Dedicated Server, Private WHM Server hingga kebutuhan Colocation Server ( Rak Server ) yang tersedia diberbagai Data Center di Indonesia. IDCloudHost juga berkomitmen menjadi salah satu Web Hosting Murah dan Terbaik di Indonesia. Selain itu juga IDCloudHost memiliki harga yang bisa dibilang friendly untuk berbagai macam pilihan layanan yang tersedia disana serta berbagai macam fitur yang menarik yang bisa teman - teman nikmati disana ;).


Nahh kini sudah saatnya teman - teman kini beralih menggunakan layanan cloud computing untuk mengelola bisnis teman - teman, mulai beralih lah ke era digital yang akan menghadirkan warna baru bagi teman - teman yang sedang memiliki bisnis agar semakin tidak ketinggalan teknologi dan yang pasti tidak akan kalah saing dalam merebut kekuasaan dan pelanggan di pasar global bisnis pada era serba digital ini ;).