Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran Generasi Muda yang Hidup di Zaman IT


Di era revolusi industri 4.0 ini, banyak kalangan yang menyebut anak-anak muda zaman sekarang alias "zaman now" sebagai  generasi millennial. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali populasi generasi millennial yang sudah mencakup 45 persen dari total penduduk di indonesia, dan biasanya generasi milennial ini memliki rentang usia dari 17 hingga 37 tahun dikarenakan generasi millenial lahir pada kisaran tahun 1980 - 2000-an setelah zaman generasi X.

Seperti kita ketahui, generasi millenial itu sangat dekat dan haus terhadap teknologi dan internet, dikarenakan teknologi dan internet itu mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. generasi millenial lahir ketika handphone dan media sosial tiba di Indonesia. dan ada juga perbedaan lain yang muncul antara generasi millennial dengan generasi - generasi sebelumnya yakni terkait dengan masalah budaya atau gaya hidup sehari - hari. Maka tak heran generasi millennial selalu membawa gadget mereka dimanapun dan kapanpun pada saat ia berpergian.



Selain karakteristik yang sudah dijelaskan sebelumnya, generasi millennial juga memiliki sifat yang lebih toleran terhadap sesamanya. Hal ini dipengaruhi oleh arus globalisasi yang terus berkembang dan semakin pesat, dimana anak muda zaman now ini dapat saling berinteraksi dengan manusia dari berbagai belahan dunia. Arus globalisasi berhasil menciptakan interaksi langsung dan tidak langsung yang sangat luas antar umat manusia, sehingga tidak mengenal batas - batas negara satu dengan negara lainnya. Oleh sebab itu, disetiap era globalisasi itu membuat generasi millennial memiliki wawasan yang lebih luas dan lebih terbuka terhadap perbedaan sehingga timbul sifat toleran yang tinggi dari generasi ini.

Dilihat dari berbagai karakteristik generasi millennial ini, nampaknya kehidupan menjadi lebih terjamin dan menyenangkan dikarenakan kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat dan roda kehidupan yang super dinamis. Akan tetapi disisi lain kita pun sedikit tidak menyadari bahwa dunia semakin kejam dan penuh tantangan baru yang harus dihadapi, sehingga perkembangan teknologi ini menghadirkan sebuah dampak yang dimana sudah dibentuknya "Masyarakat Ekonomi ASEAN ( MEA ) pada tahun 2015 yang menyebabkan persaingan untuk dapat survive di dunia ini menjadi lebih keras. dan ditambah dengan naiknya tingkat inflasi yang terus terjadi dari tahun ke tahun sehingga harga - harga kebutuhan pokok menjadi lebih mahal dan sulit terjangkau.

Maka dari itu, sebagai generasi muda penerus bangsa, jangan sampai ada yang tertinggal dari perkembangan teknologi sedikitpun di era revolusi industri 4.0 ini, kita sebagai generasi millennial di negara tercinta indonesia ini tidak boleh kalah dalam persaingan dengan anak - anak muda dari negara lain. ilmu pendidikan yang ada diperguruan tinggi saja tidak cukup, jadi anak muda indonesia harus rajin dan pantang menyerah dalam mengembangkan ilmu dan pengalaman serta tingkatkan juga skill dan keterampilan serta soft skill yang baik, jadilah pribadi yang kreatif, aktif, inovatif serta tanamkan rasa semangat dan ambisi yang besar untuk menggapai cita cita yang tinggi. dan itu merupakan syarat utama bagi kaum generasi millennial untuk dapat menghadapi persaingan yang berbagai macam tantangan didunia yang selalu dinamis ini. Nahh lalu bagaimana caranya agar kaum generasi millennial menjadi sosok yang kreatif, aktif dan inovatif di era serba modern ini ?? Okee teman - teman, agar kita sebagai generasi muda yang hidup di zaman IT ini agar menjadi sosok yang kreatif, aktif dan inovatif, kita perlu membiasakan diri untuk terus aktif melakukan aktivitas - aktivitas / pola hidup didalam kehidupan kita seperti berikut ini :


Menggunakan Internet dan Media Sosial Dengan Bijak :
Perkembangan teknologi dari internet bisa membawa dampak positif maupun dampak negatif bagi anak - anak muda zaman sekarang ini. Agar tidak terjerumus ke hal - hal yang negatif, seperti mengunjungi situs pornografi, membuka situs - situs radikalisme, perjudian online atau salah memilih teman dan komunitas dinternet, maka perlu hati - hati dalam penggunaan internet tersebut dan peran orang tua amatlah penting bagi anak - anak untuk selalu memperhatikan anaknya dari pergaulan bebas digenerasi millennial yang serba digital ini. Selain itu, generasi millennial juga harus bijak dalam menggunakan media sosialnya. Jangan sampai sosial media itu sebagai sarana untuk saling menghujat, memprovokator, menjatuhkan satu sama lainnya untuk menyebarkan informasi yang bersifat hoax. Maka dari itu kita sebagai generai muda yang hidup di Zaman IT ini harus bisa mengambil dampak positif saja dan alangkah lebih baiknya lagi, kita dapat menuangkan ide - ide kreatif kita untuk menciptakan sesuatu, seperti layaknya menulis diartikel, menjadi seorang content creator seperti youtuber, blogger atau kita juga bisa membuat foto - foto menarik untuk ditampilkan di Instagram, Facebook, Twiteer, Pinterest, Dribble, Freepik dsb. dan kita juga bisa mencari dan memanfaatkan informasi tentang lowongan pekerjaan dan informasi tentang pelatihan seperti : kelas online coding di NIOMIC.ID yang merupakan tempat pelatihan class online coding dan belajar bahasa pemograman lainnya yang dapat diakses secara permanen dan jaminan mendapatkan updatetan materi terbaru dikelas online coding ( NIOMIC.ID ) tersebut.


Membiasakan Diri Untuk Bangun Pagi dan Rajin Berolahraga:


Memang terkadang kalau kita sudah disibukkan oleh aktivitas sehari - hari, kita akan lupa yang namanya Berolahraga. Terkadang kita pun sering tidur larut malam karena sering menjalankan kesibukkan kita seperti, mengerjakan dan menyelesaikan tugas kuliah, mengembangkan skill kita dengan ikut pelatihan online atau juga menyelesaikan pekerjaan di tempat kerja kita secara remote atau wfh ( Work From Home ), sehingga kita sulit bangun pagi dan tidak sempat yang namanya berolahrga atau melakukan pemanasan untuk merelaksasi tubuh kita. Dengan rajin berolahraga, kita akan memiliki banyak energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya kreatifitas kita. Selain itu, kita akan menjadi lebih semangat dan berenergi yang dapat mengindarkan kita dari rasa mager ( Malas Gerak ), mungkin di kalangan generasi millennial bilangnya "Mageran lu ahh :D". Jadi bangun pagi itu sangatlah penting agar dapat membantu otak kita menjadi lebih segar sehingga muncullah ide - ide kreatif. Dengan bangun lebih pagi, kita bisa memiliki banyak waktu untuk beraktivitas secara positif dan bisa membangun dan mengembangkan ide - ide yang kita miliki yang dipikiran kita tersebut. Jadi mau tunggu apalagi, Yukk bangun lebih pagi dari sekarang dan jangan lupa menyempatkan diri untuk berolahraga. Because, Our bodies will always be healthy and strong so that we can make briliant ideas.


Manfaatkan Waktu Untuk Membaca Buku :

Seperti yang pernah dikatakan oleh orang - orang sebelumnya, membaca buku merupakan jembatan ilmu, apalagi di zaman IT ini sangat dianjurkan sekali bagi generasi millennial saat ini, apalagi minat baca dari anak muda di Indonesa itu masih rendah. Padahal rutin membaca buku setiap hari itu akan menambah wawasan yang diperoleh menjadi lebih luas dan hal tersebut akan merangsang kemampuan untuk berpikir secara kreatif. Apalagi sangat baik juga bagi kaum generasi muda yang hidup dizaman IT ini yang sedang mengembangkan skill seperti dibidang web developer, network administrator, mobile programmer, data scients, dsb, maka generasi muda bisa memilih buku - buku yang berkaitan dengan tentang coding ( HMTL, CSS, JAVASCRIPT, PHP, MYSQL, PHYTON, JAVA, C++, dll ) lalu buku tentang network dan buku - buku lain sebagainya.


Tingkatkan Skill dan Keterampilan :


Pada zaman sekarang ini teknologi sangatlah berpengaruh dalam disetiap kegiatan / aktivitas manusia. Dalam setiap bidang dalam kehidupan, baik didalam pertambangan, perikanan, produksi, pertanian maupun dibidang perekonomian dan teknologi juga sangat berperan penting dalam produksi, pengemasan dan pemasaran. Oleh sebab itu para pekerja wajib memahami tentang pemanfaatan teknologi tersebut, Banyak dari para pekerja yang tenaganya sudah tidak dimanfaatkan lagi karena kurangnya pemahaman dalam penggunaan teknologi sehingga hampir banyak para pekerja pun mengganggur karna dizaman yang modern ini. Hal ini sangat penting sekali bagi para generasi muda millennial yang sebagai penerus bangsa wajib mengikuti pendidikan dibidang teknologi, informasi dan komunikasi. Ilmu yang didapat pada saat menjalani pendidikan disekolah sampai perguruan tinggi pun masih belum cukup, Jadi generasi millennial ini wajib mencari sumber - sumber informasi yang berkaitan dengan meningkatkan skill dan keterampilan mereka ingin dikembangkan dan bisa didapatkan dari : 
Mengikuti Seminar, Mengikuti Workshop, Join dengan grup di sosial media, Bisa mencari referensi digoogle dan diyoutube dan apalagi dizaman digital ini banyak sekali penyedia pelatihan yang sering mempromosikan di iklan sosial media, seperti halnya pelatihan berikut ini : 

1. Web Developer dan Mobile Programmer

Didunia IT banyak sekali peluang pekerjaan yang bisa diambil oleh generasi muda di Indonesia. Terutama di bagian Web Developer, Mobile Programmer, Web Programmer, Android Developer dan lain sebagainya. Mengapa demikian ? hal itu terjadi seiring perkembangan zaman dan teknologi, yang dimana zaman sekarang ini semuanya sudah modern alias tidak ingin ribet. Seperti halnya pembayaran online, pemesanan makanan online, Pemesanan ticket online, dan apa apa semuanya serba online, dsb. Apalagi untuk mendapatkan semua informasi kita cuma butuh gadget dan layanan internet saja, tanpa harus mondar mandir kesana sini seperti halnya mencari lowongan pekerjaan, dsb. Maka dari itulah banyak sekali perusahaan, para pebisnis, jasa pelayanan, pengusaha dsb, banyak yang membutuhkan skill dan keterampilan dibidang developer maupun programmer tersebut. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa menjadi seorang developer atau programmer ?  Caranya kita harus paham dengan berbagai macam bahasa pemograman ( PHP, PHYTON, C++, JAVASCRIPT, RUBY, JAVA, KOTLIN, dsb ) dan bahasa markup ( HTML dan CSS ). Setelah itu kita bisa melihat alur kerja dan apa aja yang harus dilakukan oleh para developer ataupun programmer di youtube maupun digoogle dan kita pun bisa sambil mempraktekkannya, memang si agak sulit untuk para pemula, tapi kita juga bisa mengikuti pelatihan dikelas online coding yang gratis untuk para pemula, banyak ko diinternet bisa kalian ketikan saja kata kuncinya digoogle "pelatihan kelas online coding / bootcamp", nanti bakal banyak nama - nama pelatihan yang muncul seperti : Codepolitan, Dicoding, BWA, dan Seperti halnya, di kelas online coding di NIOMIC.ID yang merupakan tempat pelatihan class online coding dan belajar bahasa pemograman lainnya yang dapat diakses secara permanen dan jaminan mendapatkan updatetan materi terbaru dikelas online coding ( https://niomic.com/ ) tersebut. 


Tentunya para generasi muda yang ingin mengembangkan skill pemograman secara struktur bisa mengikuti kelas online coding yang premium, yaa walaupun berbayar tapi itu akan menjadi modal penting bagi masa depan kita, karena pada saat kita mengikuti pelatihan, kita pun diberi study case dalam mengerjakan project sehingga kita mempunyai sebuah karya yang nantinya bisa kita kembangkan dan bisa dijadikan portfolio untuk melamar pekerjaan nanti. Belum lagi kita pun bisa mendapatkan sebuah sertifikat hasil pelatihan kita yang merupakan tanda bahwa kita lulus dalam pelatihan tersebut dan sudah dinyatakan siap terjun ke dunia kerja sesuai dengan skill dan keterampilan yang kita miliki.  Jadi tunggu apalagi, Yukk kita upgrade skill kita ;).

2. Data Analyst

Di zaman serba digital saat ini, banyaknya perusahaan rintisan atau startup berbasis teknologi. Tentunya mereka pasti membutuhkan keberadaan seorang Data Analyst untuk mengolah data perusahaan. Seorang Data Analyst bertugas bertanggung jawab dalam menerjemahkan angka - angka menjadi laporan yang dapat dengan mudah dimengerti oleh managemen. Bagi kalian yang ingin menjadi seorang Data Analyst wajib memiliki kemampuan seperti berikut ini :

1. Mempunyai analisa yang baik dan ahli dalam perhitungan
2. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan presentasi
3. Memahami marching learning
4. Memahami Statistik
5. Memahami bahasa pemograman
6. Mampu mengoperasikan Microsoft Excel
7. Mengikuti program pelatihan Data Analyst
8. Memiliki sertifikasi seperti, Associate Certified Anaytics Professional (ACAP), Certified Analytics Professional, Certification of Professional Achievement in Data Sciences, dan masih banyak lainnya.

Apabila kalian sudah yakin dengan kemampuanmu dibidang Data Analyst, jangan ragu - ragu untuk bergabung disebuah perusahaan besar yang kini sedang membutuhkan seorang Data Analyst, termasuk startup.

3. Data Scientist


Data Scientist
merupakan profesi yang saat ini cukup banyak diminati di Indonesia yang berkaitan dengan big data yang semakin berkembang. Keahlian Data Scientist banyak dibutuhkan di startup perusahaan besar dengan gaji yang lumayan besar. Untuk berkarier menjadi Data Scientist di Indonesia, maka bisa terlebih dahulu menjadi Data Analyst. Kita juga bisa googling dan belajar dari channel youtube tentang Data Scientist atau kita bisa mengikuti pelatihan Data Scientist di SkillAcademy.com. Bagi para pelajar yang baru lulus jika ingin kuliah bisa ambil fakultas Teknik Informatika / Fakultas Ilmu Komputer, Kalian nanti akan mendapatkan mata kuliah 
Machine Learning dan Deep Learning. Teruntuk mahasiswa / mahasiswi harus lebih giat dan tekun lagi belajarnya untuk memahami Machine Learning dan Deep Learning ditempat kuliahnya. Dengan skill set yang lengkap mustahil jika kita tidak menjadi seorang Data Scientist di masa yang akan datang.

4. Network Administrator


Seperti kita ketahui, Network Administrator merupakan profesi yang mempunyai tanggung jawab atas pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak pada sebuah jaringan komputer. 
Network Administrator ini bertugas untuk melakukan konfigurasi, pemeliharaan, dan monitoring jaringan, bisa dibilang sebagai spesialist jaringan. Network Administrator itu akan berkonsentrasi pada keseluruhan jaringan, server, keamanan, dan memastikan bahwa jaringan konektivitas dan insfrastruktur LAN, WAN, di sebuah perusahaan setara dengan pertimbangan teknis di tingkat jaringan. Biasanya Network Administrator ini mempunyai beberapa bagian untuk mengerjakan tugas dan mengatasi masalah - masalah yang terjadi, seperti : Helpdesk, Teknisi Jaringan, dan itu semua tergantung dari perusahaan dan seorang Network Administrator yang merencanakan struktur jaringannya. Agar kaum generasi muda yang ingin mengembangkan bakat dibidang Network Administrator, hal tersebut wajib mengikuti pelatihan network agar bisa langsung menyentuh dan mengkonfigurasi hardware serta melakukan simulasi merancang jaringan yang dibutuhkan oleh seorang Network Administrator. 


Biasanya pelatihan network itu ada yang namanya : Mikrotik Academy dan Cisco Academy, memang mengikuti kedua pelatihan tersebut membutuhkan biaya yang lumayan mahal tergantung level tingkatan pelatihan yang akan kita tempuh seperti halnya di Tingkatan level Mikrotik Academy ( MTCNA, MTCRE, dsb ) dan di Tingkatan level Cisco Academy ( CCENT, CCNA, CCNP, CCIE, Dsb )  karena kita pun nanti bakal mendapatkan sertifikasi internasional dan itu merupakan hal yang penting untuk melamar pekerjaan disebuah perusahaan, dikarenakan sudah banyak perusahaan yang sudah bekerja sama dengan mikrotik dan cisco di bidang networking.

5. UI / UX Design

Jika teman - teman suka sama sesuatu yang namanya design dan warna, tidak ada salahnya menjadi seorang UI / UX Designer. Profesi tersebut banyak dicari oleh perusahaan dan orang - orang serta profesi tersebut banyak pula diminati oleh kalangan generasi muda. Menjadi seorang UI / UX Designer itu tidak mudah, karena harus bisa mengetahui dan membuat tampilan interface pada produk aplikasi / website sehingga terlihat indah dan cantik serta fitur - fitur yang didesign bisa dibilang mudah untuk dipahami dimata orang lain terutama bagi orang yang awam di dunia teknologi digital, akan tetapi walaupun profesi ini tergolong sulit karena harus bisa menciptakan sesuatu, tetapi gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan. Lalu bagaimana caranya agar menjadi seorang UI / UX Designer ? Menjadi UI / UX Designer itu tidak gampang alias sulit, hanya orang - orang yang sanggup berpikir keras dan bersabar, dan harus mempunyai kemampuan seperti berikut dibawah ini :

1.  Memiliki kemampuan yang mencakup : Teknik penelitian, etnografi, pemodelan pengguna, mampu mendesain produk dan antarmuka, desain informasi.

2. Memiliki kemampuan berbisnis yang mencakup managemen proyek, waktu, dan mampu mewujudkan keinginan client.

3. Mempunyai komunikasi yang baik dalam penulisan teknis, presentasi, berbicara ditempat umum dan baik.

4. Memiliki kemampuan aktif dalam melakukan wawancara, observasi membangun tim serta berkolaborasi.

5. Dapat melihat masalah pengguna dan menawarkan desain terbaik kepengguna, sehingga pengguna puas.

6. Mampu menyelesaikan masalah dari berbagai sisi.

7. Memiliki kreativitas di keahlian kita bukan untuk sok - sokan mau dibilang hebat dan keren karena menjadi seorang UI / UX Designer.

8. Selalu rutin dan mengecek kembali proses design yang sebelumnya telah dibuat. 


Buat para generasi millennial yang ingin menjadi seorang UI / UX Designer, bisa bergabung dengan komunitas disosial media atau mengikuti pelatihan designer, karena dipelatihan tersebut kita akan memahami dan mengerjakan sebuah project study case yang nantinya lulus dari pelatihan tersebut akan mendapatkan sebuah karya dan sertifikat designer yang nantinya bisa dilampirkan pada saat melamar sebuah pekerjaan di bidang UI / UX Designer. Jadi mau tunggu apalagi ;). 

6. Digital Marketing
Apa si itu Digital Marketing ? Digital Marketing atau Pemasaran secara digital bisa dibilang sebuah upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik / internet dengan beragam taktik dan strategy dalam merebut hati calon para konsumen dengan media digital untuk berkomnukasi dengannya. Ada beberapa cara agar para konsumen dapat melihat penawaran anda, seperti : Website, Blog, Media Sosial ( Instagram, Facebook, Whatsapp, Twitter, Line dsb ) dan disitulah tempat pemasaran produk yang sedang dipasarkan dan sekaligus tempat berkomunikasi dengan calon konsumen. Seorang Digital Marketers memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana disetiap kampanye digital marketing yang dia miliki untuk mendukung tujuan penawarannya melalui media gratis ataupun berbayar yang dia miliki. Jika anda bingung untuk memulainya, kalian bisa mengikuti seminar, workshop, ataupun pelatihan 
Digital Marketing, disana kalian akan dijelaskan dari dasar - dasarnya sampai anda menjadi seorang Digital Marketing Professional.

Jika kalian mampu menungkan banyak ide pada konten marketing dan mampu menyiapkan banyak strategi jitu dalam pemasaran untuk memenangkan kontes persaingan paham dan mengerti pada teknik SEO, Website, Infografis, Media sosial, Blogger, Wordpress serta pembuatan konten pada situs web, kalian bisa menjadikan Digital Marketing ini sebagai profesi kalian, Terkadang Digital Marketing ini banyak dilakukan oleh orang - orang untuk pekerjaan sampingan, tapi tidak ada salahnya jika kalian fokus dibidang ini maka akan konsisten dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Dan jangan lupa juga untuk selalu berhubungan dengan dengan calon costumer anda melalui sosial media marketing karena keduanya saling berhubungan. Dan dipastikan anda akan mendapatkan banyak relasi jika melakukan banyak kerjasama dalam mempromosikan produk kalian dan akan membuat peluang bisnis anda menajdi sukses dengan digital marketing. Selamat mencoba ;).

7. Artificial Intelligence


Artificial Intelligence ( AI ) atau Kecerdasan Buatan sudah tidak asing lagi ditelinga kaum generasi millennial saat ini. Hal pertama yang biasanya orang lain pikirkan tentang AI ialah robot. difilm banyak yang menceritakan mesin mirip manusia yang dapat menggantikan tenaga kerja manusia dengan robot. Seiring kemajuan teknologi, tolak ukur sebelumnya yang mendefinisikan kecerdasan buatan menjadi ketinggalan zaman, sebagai contoh di PT yang memproduksi barang, dimana di zaman ini sudah banyak PT yang mempergunakan robot, didunia militer juga sudah ada dirusia yang memakai robot untuk berperang, direstoran belanda dan jepang, sudah hampir banyak robot digunakan sebagai pelayan direstorannya, dan masih banyak lainnya. AI terus berkembang untuk menguntungkan banyak industri yang berbeda. Mesin dalam robot tersebut ditransfer menggunakan pendekatan lintas disiplin yang berbasis dimatematika, ilmu komputer, linguistik, psikologi, dan masih banyak lainnya. Artificial Intelligence ( AI )  merupakan bidang yang diprediksi memiliki peluang besar menciptakan lapangan pekerjaan. Kuncinya untuk meningkatkan keterampilan anda sesuai dengan persyaratan perekrut yang mencari AI Professional. Memang menjadi seorang AI itu sendiri harus mengikuti perkuliahan diperguruan tinggi dan mengambil jurusan " Ilmu Komputer " karena disana akan diberi mata kuliah yang berkaitan dengan Artificial Intelligence ( AI ) atau Kecerdasan Buatan ataupun kita juga bisa mengikuti kursus Artificial Intelligence ( AI ) yang menjadi nilai tambah untuk pengetahuan kita serta mempraktekkannya didunia industri . Jadi sebagai generasi muda yang hidup di zaman IT ini, kita wajib menekuni dan terus belajar mengenai Artificial Intelligence ( AI ) atau Kecerdasan Buatan, hal ini penting sekali agar kita tidak tertinggal teknologi dan bisa menciptakan sesuatu yang nantinya bisa berguna untuk bangsa dan negera Indonesia ini ;).

8. Dan Masih Banyak Lainnya.


Nah jadi itu tadi merupakan sebuah recommended untuk kamu generasi muda agar bisa meningkatkan skill dan keterampilannya yang sesuai dengan bakat dan keinginannya, dan peluang kerja didunia IT itu masih banyak lainnya yang bisa kalian coba. Jadi sebagai generasi millennial ini yang dapat kita lakukan di masa muda kita untuk terus berinvestasi ilmu dan menjadi generasi kaum millennial yang kreatif, aktif, dan inovatif serta mampu menciptakan sesuatu dan kita pun nantinya akan mempunyai peran penting bagi negara Indonesia ini. Because we are united (y).


Bersikap Terbuka Terhadap Pengalaman Baru Diluar :


Didunia yang serba modern dan semakin dinamis seperti saat ini, kita sebagai generasi muda yang hidup dizaman IT perlu membiasakan diri untuk terbuka dengan berbagai macam pengalaman baru. Kita bisa mengikuti berbagai macam aktivitas yang bermanfaat bagi kita dan orang lain, seperti halnya kita bisa gabung dengan komunitas / grup yang baik di sosial media dan kita akan mendapatkan informasi - informasi terupdate tentang hal lainnya, kita juga bisa bergabung dengan organisasi sosial menjadi relawan bagi orang - orang yang kurang tercukupi kebutuhan hidupnya untuk saling berbagi antarsesama, kita juga bisa mengikuti ajang - ajang perlombaan, kita juga bisa meningkatkan skill dan keterampilan kita di kelas online coding atau di tempat pelatihan lainnya, disitu kita akan mendapatkan sebuah relasi yang baik, atau kita juga bisa mencari pengalaman didunia kerja. Hal tersebut akan melatih diri kita untuk dapat berpikir lebih kreatif dan bergerak lebih aktif. Selain itu, kita harus membiasakan diri untuk dapat berpikir kritis dalam mengatasi masalah - masalah yang terkadang terjadi di sekitar kita. hal tersebut akan mampu meningkatkan kualitas jatidiri kita.


Buatlah Sebuah ide dan Visi ke Depan :

Selanjutnya yang harus dilakukan oleh kaum generasi muda yaitu untuk mencoba mengembangkan ide - ide kreatif dan bisa menciptakan sebuah karya dari hasil ide yang ia tuangkan. Kita bisa memulainya dengan ide - ide yang sederhana terlebih dahulu. dan siapa tau dari ide yang sederhana tersebut, justru menjadi sebuah startup baru untuk berkarya sehingga bisa mendapatkan penghasilan dari hasil ide - ide yang kita bangun tersebut. Selain mencoba mengembangkan ide - ide yang ada dipikiran kita, generasi muda juga harus memiliki visi dan misi dalam kehidupannya. Visi tersebut harus jelas dan realistis. Kita sebagai generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa ini, jangan sampai kita hidup tidak memiliki visi dan misi sehingga kehidupan kita kedepannya tidak ada target dan tujuan yang ingin dicapai. Jadi sebagai generasi muda galilah bakat dan potensi yang ada di dalam diri kita, jangan malas dalam melakukan sesuatu yang nantinya baik untuk kita, carilah motivasi yang dapat membakar ambisi jiwa kita. Tetap semangat dan terus berjuang menggapai cita - cita kita. Because, the future is in our hands ;).


Nahh, itu tadi merupakan aktivitas - aktivitas yang dapat kita lakukan sebagai generasi muda kaum millennial untuk terus berinovasi, aktif dan kreatif yang nantinya akan berguna di masa yang akan datang. Jadi sebagai generasi muda hilangkan rasa malas, manfaatkan waktu untuk berinvestasi ilmu, dan hilangkan kebiasaan nongkrong - nongkrong gak jelas sampai larut malam yang hanya membuang - buang waktu saja. Jadi untuk generasi muda kaum millennial jadilah sosok pemuda yang memiliki mimpi dan semangat positif yang dapat mengubah dunia. Karena peran generasi muda sebagai sosok yang muda, dinamis, dan penuh energi serta optimis yang diharapkan menjadi sosok yang memberikan perubahan dan membawa ide - ide serta pemikiran - pemikiran yang segra dan kreatif, sehingga dunia tidak terpaku pada hal - hal jaman old itu saja selalu berkembang menjadi lebih baik lagi. Dengan kata lain generasi pemuda saat ini yang hidup dizaman IT diharapkan menjadi sosok pemimpin masa depan yang lebih baik lagi dari sekarang, sehingga dinegara tercinta ini tidak akan habis stok calon pemimpin dari generasi muda untuk kedepannya. 

Akan tetapi generasi muda millennial ini mempunyai 3 faktor yang harus diperhatikan yakni :


1. Tantangan bagi generasi millennial


Generasi millennial sudah pasti generasi yang sangat mahir dengan teknologi. dengan kemampuannya didunia teknologi, generasi ini memiliki banyak peluang untuk bisa berada jauh didepan dibanding generasi sebelumnya. Namun disisi lain generasi millennial lebih cenderung menginginkan hal - hal yang instant dan tidak suka sama yang namanya proses dan ini merupakan tantangan besar dan menjadi point pembelajaran yang penting. Karena di era ini segala sesuatu sudah bergerak dengan cepat, dunia menjadi tanpa batas, infomasi dapat diperoleh dari mana saja dan dari siapa aja dengan mudah. Di zaman ini segala kecanggihan teknologi semakin berkembang pesat, tingkat persaingan juga semakin tinggi, kualitas kinerja manusia juga dituntut menjadi semakin tinggi, jadi para generasi muda harus secepatnya beradaptasi, belajar, dan menjadi lebih baik lagi dengan cepat dan lincah serta tepat dalam memecahkan setiap masalah. Apabila tidak, mungkin posisi kita akan tergantikan dengan robot - robot cerdas atau program komputer yang dibuat oleh manusia.

2. Harapan bagi generasi millennial


Harapan dari generasi muda saat ini yang hidup dizaman IT diharapkan menjadi sosok pemimpin masa depan yang lebih baik lagi dari sekarang, sehingga dinegara tercinta ini tidak akan habis stok calon pemimpin dari generasi muda untuk kedepannya. dan mampu menciptakan sesuatu yang nantinya berguna bagi kita, orang lain serta bagi bangsa dan negara Indonesia. Jadi sebagai generasi muda, kita memiliki peran yang harus dijalankan untuk menggantikan para leluhur -leluhur kita nanti, dan diharapkan para generasi muda saling berkolaborasi dan bekerja sama untuk tidak saling menjatuhkan satu sama lainnya serta terhindar dari permusuhan agar kita dapat bersama - sama memajukan negri kita dalam era dunia yang serba digital ini.

3. Inovasi bagi generasi millennial

Perkembangan teknologi dan informasi telah membuat gaya hidup terus mengalami perubahan. Dan kita sebagai generasi muda yang memiliki daya saing sangat diperlukan. Dimana generasi muda saat ini harus membekali dirinya dengan kecerdasan, inovasi dan kreatifitas. Lalu mengapa generasi muda harus memiliki inovasi dan perlu berkontribusi positif ? Karena masa depan negeri ini tidak bisa lepas dari generasi muda yang sebagai penerus bangsa nantinya. Inovasi tanpa didasari kepentingan publik, tentu hal ini akan tidak ada manfaatnya. Jadi diera yang serba modern ini, mari kita tetap bersemangat dan berkomitmen untuk mewujudkan generasi yang cerdas, kreatif, cerdas, dan inovatif yang akan menciptakan sebuah generasi yang cinta damai dimasa yang akan datang.


Generasi millennial merupakan insan penerus bangsa Indonesia, Oleh sebab itu para generasi millennial harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk dapat membangun negara Indonesia. Generasi millennial harus siap untuk menghadapai masa depan yang lebih keras lagi dari zaman sekarang ini. Generasi millennial harus menerapkan pola 3B ( Bersabar, Berusaha, dan Berdoa ) yang harus dimiliki, dijunjung dan dipersiapkan oleh individu bagi para generasi muda. Marilah kita bersama - sama untuk menyejahterakan Indonesia. Keep up the spirit and reach into the future prefectly.