Apa itu HTML ? Memahami fungsi, cara kerja dan sejarahnya

( Apa itu HTML ?  )

 Kita langsung masuk saja ke pembahasan yang akan kita bahas pada artikel ini, yuk kita simak mengenai pengertian dari HTML berikut ini :

A. Sejarah HTML..
       HTML ( Hyper text markup language ) itu sendiri secara resmi lahir pada tahun 1989 oleh tim berners lee dan dikembangkan oleh world wide web consortium ( W3C ), yang kemudian pada tahun 2004 dibentuklah  web hypertext application technology working group ( WHATG ) yang hingga kini bertanggung jawab akan pengembangan bahasa HTML ini. sebelumnya ada HTML 2, 3, 4 dan kini telah dikembangkan HTML 5, sebuah versi terbaru dari HTML yang mendukung tidak hanya gambar dan teks saja, namun juga dapat membuat menu yang interaktif, audio, video dan lain sebagainya. sangat luas bukan HTML.

Kalau anda pernah mendengar HTML hanya dari definisinya saja, anda juga harus menelusuri seluk -beluk dari HTML tersebut. HTML ( Hyper Text Markup Language ) itu sendiri berfungsi untuk menyusun bagian paragraf, link, header, footer, navigation, content, blockquate dan lain - lain dalam membuat halaman web dan menampilkan berbagai macam informasi diweb browser.
Pada saat kita bekerja dengan HTML, kami menggunakan struktur kode yang sederhana "Tag & atribute" untuk mark up sebuah website. sebagai contoh misalnya, kami ingin membuat agar teks tersebut ditampilkan terlihat tebal dengan menggunakan tag pembuka <b>dan tag penutup</b>.


<b>Hyper text markup language</b>

Jadi kesimpulannya, HTML itu bukan bahasa pemograman melainkan HTML itu meerupakan bahasa Mark Up, dan bahasa mark up itu bahasa yang dikembangkan untuk membuat halaman website yang dapat diakses melalui internet dan ditampilkan melalui web browser sangatlah mudah dan dipahami jika kalian ingin terus belajar dan terus memahaminya bahkan bagi para web pemula dibidang web development, terus belajar adalah kuncinya untuk menjadi seorang web developer.

B. Memilih aplikasi editor HTML



        Sebelum memulai belajar HTML, kita perlu untuk memilih aplikasi editor yang kita sukai sesuai selera kita. karena program yang berekstensi ".html" tidak memerlukan compiler yang khusus untuk dapat mengeksekusikannya, maka kita tidak perlu untuk memikirkannya. sekarang saatnya memilih aplikasi text editor untuk mengeksekusikannya sesuai keinginan kita.
Disini ada beberapa text editor sebagai berikut :
1.) Notepad ++
2.) Sublime Text Editor
3.) Adobe Dreamweaver
4.) Freecup HTML editor
5.) Atom Text Editor
6.) PageBreeze, dan masih banyak lainnya.

Aplikasi editor ini bisa kalian dapatkan di google dengan mendownloadnya secara gratis maupun membayar lisensi aplikasi tersebut ( buy ). Jadi silahkan tentukan aplikasi text editor yang kalian sukai.

C. Mengenal Fungsi Browser



       Web browser atau yang kalian kita kenal "Browser" seperti: Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Dophin Browser, Opera Mini, dan lain sebagainya yang sering kita gunakan untuk menjelajahi situs - situs didunia internet. Namun apakah yang dimaksud dengan Web Browser itu sendiri ? Web Browser ialah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi situs - situs didunia maya yang biasa disebut website.
Jadi, jika kalian ingin mengecek hasil struktur kodingan HTML kalian, kalian bisa mengeceknya di Web Browser kalian dengan cara "Open in Browser atau mengganti ekstensi (.txt ) menjadi (.html ), tergantung dari petunjuk aplikasi text editor tersebut.

D. Menjalankan File HTML



       Apakah kalian tau apa itu compile ? compile itu sendiri sebuah proses yang menjalankan hasil coding yang kita buat, namun file HTML lebih mudah dilakukan karena HTML tidak memerlukan sebuah aplikasi untuk meng-compile file tersebut. HTML dikembangkan untuk halaman website didunia maya dan adapun bagi kita yang ingin menjelajahi web - web tersebut, kita memerlukan aplikasi web browser. jadi untuk menjalankan file HTML ini sangatlah mudah, kita hanya perlu mengeksekusikannya menggunakan aplikasi web browser yang kita miliki. kita cukup klik kanan pada file HTML kita kemudian akan muncul tulisan "Open With" lalu kita pilih aplikasi web browser tersebut yang kita akan gunakan.

E. Pengertian Tag, Element, dan Atribut pada HTML
       Sebagai bahasa markup, HTML membutuhkan sebuah fungsi atau tanda untuk memberitahu web browser apa yang perlu atau tidak perlu untuk dilakukan. tanda tersebut ialah "<....>", didalam tag HTML ditulis berpasangan biasanya memiliki tanda " " didalam "<....>". Seperti contoh berikut ini :
<html>...........</html>
Dan ada pula juga tag yang berdiri sendiri dan tidak memiliki pasangan ( single tag ).

<br/>
Element ialah semua data atau isi yang berada didalam sebuah tag.

Gambar 5 ( Pengertian HTML beserta pengertian lainnya )

Attribute ialah sebuah informasi yang diberikan pada sebuah tag, pengaturan untuk tag tersebut, biasanya dituliskan pada tag pembuka ( untuk yang berpasangan ) atau pada awal tag ( untuk single tag ). Seperti contoh berikut ini.

<p align="left">.........................</p>
F. Mengenal Struktur Dasar HTML
    Html juga memiliki struktur dasar dalam penulisan HTML, yang diawali dengan tag " Doctype " untuk menunjukkan pada browser type document dari file tersebut, kemudian dimulai dan ditutup dengan tag html, didalam tag itu dapat diisikan tag head, body, dsb. Namun, secara struktur dasar dari bahasa markup HTML seperti berikut ini :

Kode Pembuatan :
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Title Title Title</title>
</head>
<body>
<header>Header</header>
<p> Paragraf </p>
</body>
</html>
Hasilnya :




Baca Juga : 
                     

Semoga Bermanfaat penjelasan dalam memahami seluk beluk HTML, baik dari fungsi, struktur, sejarah dan menjalankan file HTMLnyaJika kalian ( Pembaca ) ada yang kurang paham / mempunyai pendapat yang berbeda dalam mengenai pemahaman dari , Silahkan masukkan komentar dibawah ini mengenai pengertian diatas. "Hatur Nuhun".

Share this