Pengertian organisasi komputer dengan arsitektur komputer

 - Seperti kita ketahui, komputer merupakan alat untuk mengolah data dan memproses data menurut perintah yang telah dirumuskan. Komputer berasaal fari kata to compute yang artinya menghitung. Jadi komputer adalah suatu peralatan elektronik yang digunakan untuk perhitungan, tetapi karena perkembangan teknologi komputer saat ini begitu pesat, komputer tidak lagi hanya berperan sebagai mesin hitung tetapi sudah mempunyai berbagai macam fungsi untuk mempermudah dan membantu kerja manusia. Saat ini komputer memiliki komputer yang lebih dari sekedar perhitungan matematika biasa.

Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum terdiri dari komponen - komponen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Komputer terdiri dari 3 komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu :

1.) Hardware ( perangkat keras )
Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware terdiri dari : Input / Output device ( I/O Device ), Storage Device ( perangkat penyimpanan ), Monitor / Screen, Casing Unit, Central Processing Unit ( CPU ).

2.) Software ( perangkat lunak )
Merupakan program yang berisi perintah - perintah untuk melakukan proses tertentu. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu : Sistem Operasi, Program Utility, Program Aplikasi, Program paket, Bahasa Pemograman.

3.) Brainware ( User )
Adalah personil - personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti sistem analist, programmer, operator, user,  dll.

Perbedaan utama antara organisasi komputer dengan arsitektur komputer :

A. Organisasi Komputer 
➝ Bagian yang terkait erat dengan unit - unit operasional.
Contoh : Teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memory, dan sinyal -sinyal kontrol.

B. Arsitektur komputer
Atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer.
Contoh  Set intruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengamatan.

C. Mekanisme I / O :

Perbedaan antara arsitektur dan organisasi, pabrik komputer menawarkan sekelompok model komputer, yang semuanya memiliki arsitektur yang sama tetapi dengan organisasi yang berbeda.

➤ Akibatnya, model - model yang berbeda akan memiliki harga dan karakteristik kinerja yang berbeda. Selain itu suatu arsitektur dapat bertahan selama bertahun - tahun dan meliputi sejumlah model komputer yang berbeda, namun organisasinya dapat berubah - ubah sesuai seiring dengan perkembangan teknologi.

Komputer merupakan sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (procces) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan dimemori komputer.



Gambar :


Input device merupakan alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintance input dari luar system, dan dapat berupa signal input atau maintenace input. Mouse, keyboard, joystick merupakan perangkat - perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan kedalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan, sehingga alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.

Output device merupakan hasil dari pemrosesan yang terdiri tulisan, image,suara dan bentuk lainnya yang dapat dibaca oleh mesin. Beberapa contoh output device antara lain adalah, monitor, speaker, printer, LCD Projector dll.

CPU ( Central Processing Unit ) merupakan tempat mengelola dan memproses instruksi program. Di dalam CPU terdapat 3 bagian utama yang akan mengontrol kegiatan - kegiatan sistem komputer yaitu unit kendali ( control unit ), dan Arithmatic Logical Unit ( ALU ), dan internal memory.

D. Komponen struktur CPU :

- Control Unit ( CU ) adalah bagian CPU yang bertugas  mengatur dan mengendalikan semua proses yang dilakukan oleh komputer sesuai dengan program atau instruksi yang diberikan kepadanya.
- Arithmatic Logical Unit ( ALU ) bertugas untuk melakukan perhitungan - perhitungan serta membentuk fungsi - fungsi pengolahan data pada komputer.
- Register berfungsi sebagai penyimpanan internal bagi CPU.
- CPU interconnection berfungsi menghubungkan seluruh bagian dari CPU.
- Internal Memory adalah tempat penyimpanan data atau program yang sedang diproses oleh komputer. Penyimpanan data diinternal memory ini bersifat sementara, artinya bila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang.
- RAM ( Random Access Memory ) ialah semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu dimemori utama, khususnya RAM yang dapat diakses secara acak ( dapat diisi, ditulis, diambil, atau dihapus isinya ) oleh perogram. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, PCMCIA card dan lain - lain.
- ROM ( Read Only Memory ) hanya dapat dibaca sehingga pemograman tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program - program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur kontrol tertentu. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM. Perintah yang ada diROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada diunit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan dilayar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aturan listrik.

Seperti itu pembahasan mengenai Organisasi Komputer Dengan Arsitektur Komputer,  Jika kalian ( Pembaca ) ada yang kurang paham / mempunyai pendapat yang berbeda dalam mengenai pemahaman dari , Silahkan masukkan komentar dibawah ini mengenai pengertian diatas. "Hatur Nuhun".

I will do something that starts from attraction :)

Share this