Apa Itu Memory Eksternal Magnetik Disk Pada Komputer

Penyimpanan Memory eksternal magnetik disk pada komputer

 - Seperti kita ketahui, jika kita telah menciptakan sesuatu atau membuat sebuah program, dokumentasi, pekerjaan dan masih banyak lainnya, pasti kita diharuskan untuk menyimpan hasil pekerjaan kita tersebut pada sebuah komputer agar bisa dilanjutkan kembali ataupun menyimpan data - data penting agar tidak lupa dan hilang. Maka dari itu diperlukan sebuah memory penyimpanan pada komputer, seperti contoh : "Memory eksternal magnetik disk", lantas apa itu memory eksternal magnetik disk pada sebuah komputer ?

Berikut ini saya akan menjelaskan "memory eksternal" yang termasuk magnestik disk, yaitu Floppy disk ( disket ), Harddisk model IDE dan harddsik model SCSI.

1.) Floppy Disk ( Disket )

Dengan berkembangnya komputer pribadi maka diperlukan media untuk medistribusikan software maupun  pertukaran data. Solusinya ditemukannya disket atau floppy disk oleh IBM ( Internasional business machine ).

Lalu seperti apa karakteristik dari sebuah disket ? 
Karakteristik disket adalah head menyentuh permukaan disk saat membaca ataupun menulis. Hal ini menyebabkan disket tidak tahan lama dan sering rusak. Untuk mengurangi kerusakan atau aus pada disket, dibuatkan "mekanisme, penarikan head dan mengentikan rotasi disk" ketika head tidak melakukan operasi baca dan tulis. Namun akibatnya waktu akses disket cukup lama.

2.) IDE Disk ( Harddisk )

Saat IBM mengembangkan PCXT, menggunakan sebuah harddisk Seagate 10 MB untuk menyimpan program maupun data. Harddisk ini memiliki 4 Head, 306 Silinder dan 17 Sector pertrack, dicontrol oleh pengontrol disk. X EBEC pada sebuh kartu Plug - In.



Teknologi yang berkembang pesat menjadikan pengontrol disk yang sebelumnya terpisah menjadi satu paket terinstegrasi, diawali dengan teknologi drive IDE ( Integrated Drive Electronics ) pada pertengahan tahun 1980. Teknologi saat itu IDE hanya mampu menangani disk berkapasitas maksimal 528 Mb dan mengontrol 2 Disk. Seiring kebutuhan memory berkembang teknologi yang mampu menangani disk berkapasitas besar. IDE berkembang menjadi EIDE ( Extended Integrated Drive Elektronics ) yang mampu menangani harddisk lebih dari 528 MB dan mendukung pengamatan LBA ( Logical Block Addressing ), yaitu metode pengalamatan yang hanya memberi nomer pada sector - sector mulai dari 0 hingga maksimal 224 - 1. Metode ini mengharuskan pengontrol mampu mengkonversi alamat - alamat LBA menjadi alamat head, sektor dan silinder. Peningkatan kinerja lainnya adalah kecepatan transfer yang lebih tinggi, mampu mengontrol 4 disk, mampu mengontrol drive CD - ROM, mampu mengontrol drive CD - ROM.

3.) SCSI Disk ( Harddisk ) 



Disk SCSI ( Small Computer System interface ) mirip dengan IDE dalam hal organisasi pengalamatannya. Perbedaan pada piranati antar mukanya yang mampu mentrasnfer data dalam kecepatan tinggi. versi SCSI terlihat pada tabel dibawah ini :

" Versi Disk SCSI "

NamaData BirtsBus MHZ
MB / DET
SCSI - 1855
Fast SCSI81010
Wide Fast SCSI161020
Ultra SCSI82020
Wide Ultra SCSI162040
Ultra - 2 SCSI84040
Wide Ultra 2 SCSI164080


Karena kecepatan transfernya tinggi, disk ini merupakan standar bagi komputer UNIX dari sun microsystem, HP, SGI, Machintos, Intel terutama komputer - komputer server jaringan dan vendor - vendor lainnya. SCSI sebenarnya lebih dari sekedar piranti antarmuka harddisk. SCSI adalah sebuah bus karena SCSI mampu sebagai pengontrol hingga 7 peralatan seperti : Harddisk, CD - ROM, Rekorder, CD, Scanner dan peralatan lainnya. masing - masing peralatan memiliki ID  unik sebagai media pengenalan oleh SCSI.

4.) RAID ( Redudant Array Of Inexpensive / Independent Disk )


Raid adalah suatu sistem yang terbentuk dari beberapa harddisk / drive yang digunakan untuk mengimplementasikan fitur toleransi kesalahan pada media penyimpanan komputer dengan menggunakan cara redudansi ( Penumpukan ) data dan meningkatan kendalan kinerja I / 0 dari harddisk.

Lalu, ada beberapa jenis dari RAID yaitu 0 s/d RAID 6.

RAID 0 ( Mode Striping )
Pada RAID 0 ini membutuhkan minimal 2 harddisk yang digunakan. Sebenarnya RAID 0 ini belum bisa dikatakan sebagai RAID karena tidak ada harddisk yang berfungsi sebagai koneksi errornya. Prinsip dari RAID 0 adalah menggabungkan kapasitas harrdisk satu dengan yang lainnya secara logika hanya terlihat satu harddisk yang terbaca pada komputer dengan berkapasitas besar data yang ditulis pada harddisk tersebut terbagi atas fragment - fragment, dimana fragment - fragment tersebut disebar seluruh harddisk. ada keuntungan dan kekurangan dari pembentukan RAID 0 ini.

Berikut ini keuntungannya ialah :
Memungkinkan kita untuk menghemat biaya dan juga dapat membuat harddisk dalam kapasitas yang besar yang belum ada dipasaran. sebagai contoh : kita memerlukan harddisk dalam kapasitas besar yakni STB. sedangkan dipasaran sekarang harddisk dalam kapasitas tersebut belum tersedia. Jika adapun akan dibandrol dengan harga yang sangat mahal. Kita dapat mengakalinya untuk membuat harddisk STB yakni dengan menggunakan prinsip dari RAID 0 ini.

Seperti itu pembahasan mengenai pengertian dari
 Memory Eksternal Magnetik Disk Pada Komputer, Jika kalian ( Pembaca ) ada yang kurang paham / mempunyai pendapat yang berbeda dalam mengenai pemahaman dari pengertian dari , Silahkan masukkan komentar dibawah ini mengenai pengertian diatas. "Hatur Nuhun".

I will do something that starts from attraction :)

Share this