Perkembangan Sistem Operasi Open Source dan Linux

 -  Yaa sebelumnya saya yakin kalian pasti mengetahui sistem operasi yang digunakan para user pc maupun laptop yaitu windows bukan ? yaa sistem operasi windows sudah menjamur dikalangan para user, tetapi ada sistem operasi yang tidak bisa diserang virus bisa juga dikenal dengan julukan ( sistem operasi open source ), apa itu ? yaa tentu saja sistem operasi linux pastinya, walaupun linux belum begitu menyebar dan saya yakin para pembaca artikel saya ini pun ada yang tahu OS Linux adapula yang tidak mengetahuinya, bagi yang belum mengetahuinya kita akan simak bersama - sama pengertian dari OS Linux berikut ini.


Sistem Operasi Open Source
Adalah Suatu istilah untuk software yang kode programnya disediakan oleh pengembangnya untuk umum agar dapat dipelajari, diubah, dan dikembangkan untuk disebarluaskan. apabila pembuat program melarang orang lain untuk mengubah / menyebarluaskan program buatannya, amak program itu bukan disebut Open Source.
Meskipun kode programnya diberikan, Open Source merupakan salah satu syarat bahwa suatu software dikatakan free software / software gratis ( Software open source sudah pasti gratis, sedangkan software gratis belum tentu open source ). salah satu contoh free software adalah Linux dan contoh dari open source adalah Free BSD. 

Sistem operasi linux merupakan jenis sistem operasi yang dikembangkan oleh komunitas dalam os linux kita dapat mengenal istilah distro dan repusitory, linux OS ini diciptakan oleh penemunya adalah "Linus Benedicts Torvalds" seorang mahasiswa dari helsinki finlandia pada tahun 1991.

Pada tahun 1991, pada saat versi pertama kerangka linux ditulis proyek linux / GNU telah menghasilkan hampir semua komponen system kecuali kernel.

Distro Linux / Distribusi Linux
Adalah sebutan untuk OS dan aplikasi komputer merupakan keluarga dari unix yang menggunakan linux.
- contohnya : Readhat, Suse, Debian, Ubuntu, Mandriva, Fedora, Gentoo, Linux, Slackware.

Repository 
Merupakan sekumpulan paket - paket aplikasi / program untuk sebuah aplikasi program dan sebagainya, yang didapatkan dari server miror atau dari perangkat lainnya


LINUX BOOTING PROCESS
➜ Booting dan Linux unit process
     Booting merupakan suatu proses pada sistem operasi ketika suatu laptop / komputer dihidupkan pertama kali.

Urutan proses booting pada sistem operasi linux, secara umum adalah sebagai berikut.
1. BIOS 
Basis input ouput system merupakan interface level paling bawah yang menghubungkan antara komputer dan periperalnya. BIOS melakukan pengecekan integritas memori dan mencari intruksi pada masterboot record ( Mbr ) yang terdapat pada floppy drive / harddisk.
2. MBR
Menjalankan boot leader pada system operasi linux boot leader yang sering dipakai adalah LILO ( Linux Leader ) dan GRUP ( Grand Unfield Boot Leader ) pada readhat dan turunannya menggunakan GRUB sebagai boot leader.
3. LILO / GRUB 
Akan membaca label sistem operasi yang kernelnya akan dijalankan pada boot leader, inilah sistem operasi mulai dipanggil, untuk mengkonfigurasikan file grup buka filenya di/boot/grub/grub conf.
4. Setelah itu, tanggung jawab untuk booting boot diserahkan kekernel. setelah itu, kernel akan menampilkan versi dari kernel yang dipergunakan, mengecek status SElinux, mengecek partisi swap, mengecek memory, dsb.
5. Kernel yang dipanggil oleh boot leader kemudian menjalankan program init, yaitu proses yang menjadi dasar dari proses - proses yang lain. ini dikenal dengan nama the first process. process ini mengaku pada script yang ada difile / etc / rc.sysinif.
6. Program init kemudian menentukan jenis run level yang terletak pada file / etc / inittab berdasarkan nada run level, script kemudian menjalankan berbagai proses lain yang dibutuhkan oleh sistem sehingga sistem dapat berfungsi dan dipergunakan.

Run Level 
Adalah Suatu parameter yang mengatur layanan yang akan dijalankan misalnya single user, reboot, shutdown dan sebagainya. program untuk mengatur run level ini adalah init yang terletak pada rektori / ETC / ini + tab.

Linux mempunyai 6 state operasi dimana "O" adalah Halt, "1" adalah single user "2-5" digunakan untuk multiuser. berdasarkan sistemboot, linux sistem akan melakukan :
➜ Mengeksekusi program / sbin / init yang memulai semua proses - proses lain. program ini akan diberikan kemesin oleh proses awal yang didefiniskan pada file / Etc / Inittab.
➜ Komputer akan dibooting kerun level yang didefinisikan oleh baris ini default pada file / Etc /Inittab.
➜ Satu dari proses - proses yang dimulai oleh init adalah /Sbin /rc.scrip ini menjalankan sekumpulan skrip pada direktory / Etc / Rcd / rc2.d / dan seterusnya.
➜ Skrip pada direktory tersebut dieksekusi pada setiap hout state dari operasi yang lengkap. skrip mulai dengan S yang merupakan skrip startup sedangkan skrip yang dimulai dengan K menandakan skrip ( Shutdown "Kill" ). Angka yang mengikuti huruf tersebut merupakan urutan eksekusi ( Terendah ke Tertinggi ).

Seperti itulah perkembangan dari sistem operasi open source dan linux",  Jika kalian ( Pembaca ) ada yang kurang paham / mempunyai pendapat yang berbeda dalam mengenal , Silahkan masukkan komentar dibawah ini mengenai pengertian diatas. "Hatur Nuhun".

I will do something that starts from attraction :)

Share this