Pengertian POST ( Power on self test ) dan Beep Code Pada Komputer

( Apa itu POST ( Power on self test ) dan Beep Code Pada Komputer )

 - Yaa dalam mempelajari Sistem Operasi maupun Perakitan Komputer pasti ada namanya POST dan POST itu sangat berperan penting dalam sistem operasi tersebut bagi CPU, POWER SUPPLY, MONITOR dan hal hal yang berhubungan dengan komputer baik hardware maupun software, bagi kalian dulu yang sudah pernah memahami dari arti kata tersebut dan lupa apa itu POST, pada artikel ini kami akan memberikan sedikit pengertian tentang POST agar kalian bisa mengingat kembali dan memperdalam pengertian tersebut, mari kita simak pembahasan memahami Pengertian POST ( Power on self test ) dan Beep Code Pada Komputer pada berikut ini :

Pengertian Post adalah Sekumpulan rutin - rutin khusus yang dijalankan selama proses booting komputer pribadi / PC yang disimpan didalam ROM.

Rutin - rutin ini didesain untuk melakukan pengujian terhadap kesehatan sistem komputer / apakah komponen berjalan dengan benar sebelum bios memulai sistem operasi, yang dilakukannya adalah mengecek jumlah RAM, Keyboard dan Perangkat media penyimpanan ( disk drive ). Jika sebuah kesalahan terdeteksi oleh POST, maka dengan bunyi - bunyian / beep yang menunjukkan letak kesalahannya namun selain bunyi beep komputer juga bisa mengeluarkan peringatan pada layar monitor lebih mudah dipahami oleh user. setiap kesalahan memiliki pola bunyi nya beep sendiri dan berbeda antar BIOS yang digunakan.

A.) Langkah - Langkah POST ( Power on self test ) 

 Setiap kali komputer dihidupkan secara otomatis akan memulainya dengan langkah diagnosa yang dikenal dengan post. Post ini akan memeriksa dengan menguji semua komponen - komponen sistem. jika saat post terjadi problem, suatu pesan akan disampaikan pada pengguna. pesan tersebut berupa teks tampilan dilayar, suara, beep, dan keduanya indikasi dari adanya masalah suatu post dinyatakan :

Kode Kesalahan : 2 sampai 5 digit angka
Pesan Kesalahan : Pesan singkat dalam bahasa inggris
Kode Beep : Suara beep berurutan

   Dengan sangat bervariasi pabrik pembuat motherboard dan ROM BIOS maka kode beep yang diberikan juga bervariasi artinya untuk / kerusakan yang sama akan diberikan kode yang berbeda yang dikarenakan adanya perbedaan pabrik pembuat ROM BIOS atau Motherboard.

B.) Pesan kesalahan POST ( Power on self test ) 

Test 1 ( Basis Sistem Error ), Sistem terhenti dengan tanpa tampilan dan suara beep, walaupun kursor mungkin tampak.
- Test 2 ( Extended Sistem Error ), Satu suara beep panjang diikuti dengan satu suara beep pendek dan eksekusi POST terhenti.
- Test 3 ( Display Error ), Satu suara beep panjang diikuti dengan suara beep pendek dan post melanjutkan dengan test berikutnya.
- Test 4 ( Memory Error ), Ada tampilan angka menunjukkan kode kesalahan.
- Test 5 ( Keyboard Error ), Ada tampilan angka menunjukkan kode kesalahan.
- Test 6 ( Drive Error ), Ada tampilan angka Gol 1780 atau 1781 yang menunjukkan kode kesalahan.

C.) Kode Suara Kesalahan 

- Kode Suara  → Kemungkinan daerah kerusakan
- Tanpa Beep  → Power Supply
- Beep terus - menerus  → Power Supply
- Beep pendek berulang - ulang  → Power Supply
- 1 Beep panjang dan 1 Beep pendek  → Motherboard
- 1 Beep panjang dan 2 Beep pendek  → VGA ( Video adapter card )
- 1 Beep dan tidak ada tampilan  → Kabel monitor / tampilan
- 1 Beep pendek dan tidak mau boot  → Kabel disk, adapter disk dan disk

D.) Beep Code

1. ( Ami Bios Beep Code )
      Berikut adalah kode beep AMI BIOS yang dapat terjadi. Namun, karena berbagai produsen komputer yang berbeda menggunakan BIOS ini, beep code mungkin bervariasi.

( Kode Beep)  ~ ( Pengertian ) 
- 1 short  → Dram refrest failure
- 2 short  → Parity circuit failure
- 3 short  → Base 64k RAM failure
- 4 short  → Sistem timer failure
- 5 short  → Proccess failure
- 6 short  → Keyboard kontrolled get a2oerror
- 7 short  → Virtual mode exception error
- 8 short  → Display memory read / write
- 9 short  → ROM BIOS checksum failure
- 10 short  → CMOS shutdown read / write error
- 11 short  → Cache memory error
- 1 bunyi beep panjang, 3 beep pendek  → Convertional / extended memory failure
- 1 bunyi beep panjang, 8 beep panjang  → Display / retrace test failed

2. ( Award Bios Beep Code )
     Berikut adalah kode beep AWARD BIOS yang dapat terjadi. Namun, karena berbagai produsen komputer yang berbeda menggunakan BIOS ini, beep code mungkin bervariasi.

( Kode Beep)  ~ ( Keterangan )
- 1 beep panjang, 2 beep pendek   ➝ Mengindikasikan terjadi kesalahan pada video dan BIOS tidak dapat mendeteksi komponen video untuk menampilkan informasi pada monitor.
- Bunyi beep lainnya  ➝ Mengidentifikasikan terjadi kesalahan memory. jika terjadi kesalahan hardware lainnya, BIOS akan menampilkan pesan pada monitor.

3. ( IBM Bios Beep Code )
     Dibawah ini merupakan tabel beep code IBM BIOS yang dapat terjadi namun, karena banyaknya model yang diproduksi menggunakan BIOS ini, Beepcode mungkin bervariasi.

( Kode Beep)  ~ ( Keterangan ) 
- Tidak ada bunyi beep  ➝ Tidak ada tegangan Power Supply Memory Card, VGA Card, Sound Card, LAN Card, mungkin ada yang longgar / belum terpasang dengan benar, lubang singkat.
- 1 Beep Pendek  ➝ Normal POST, Komputer booting dengan baik
- 2 Beep Pendek  ➝ Terjadi kesalahan POST, error kode ditampilkan dimonitor
- Beep Terus Menerus  ➝ Tidak ada tegangan Power Supply, Memory Card.

Seperti itulah pengertian POST ( Power on self test ) dan Beep Code, Jika kalian ( Pembaca ) ada yang kurang paham / mempunyai pendapat yang berbeda dalam mengenai pengertian dari  , Silahkan masukkan komentar dibawah ini mengenai pengertian diatas. "Hatur Nuhun".

I will do something that starts from attraction :)

Share this