Mengenal Sistem Operasi Berbasis DOS dan GUI Pada Komputer

( Perbedaan Sistem operasi berbasis DOS dan GUI Pada Komputer )

 -  Seperti kita ketahui, didalam sebuah perangkat lunak sistem pasti kalian pernah mendengar yang namanya " Sistem Operasi / Operating System ". dan Sistem Operasi ada yang berbasis  DOS dan GUI, seperti apa maksudnya ? Mari kita simak dibawah ini..

➤ Sistem Operasi / OS : Efesiensi, mudah berevolusi / upgrade, kenyamanan. ~ ( 3 Sasaran ).

- Sistem Operasi ?

1. Pengguna, Program Aplikasi, Sistem Operasi, Hardware.
         ↑↓
2. Aplikasi
         ↑↓
3. Sistem Operasi
         ↑↓
4. Hardware
         ↑↓

- Mengatur / mengelola hubungan antara pengguna, software aplikasi dan hardware
- Mengawasi Penggunaan hardware dari berbagai bentuk aplikasi dan pengguna ( User ).

Jadi, Sistem Operasi adalah Perangkat lunak sistem yang berfungsi untuk mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan penyedia sekumpulan layanan kepada pemakai, sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan, serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya sistem komputer.

1.) Mempersiapkan Instalasi sistem operasi berbasis Text dan GUI

Pengertian Sistem Operasi
Sistem Operasi adalah Perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan pengontrolan, pemnaggilan fungsi - fungsi manajemen. didalam perangkat keras serta operasi dasar sistem. perangkat lunak didalamnya juga mencakup bahasa pemograman yang dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

Bahasa Pemograman tingkat tinggi, Contohnya : Pascal
Bahasa Pemograman tingkat rendah, Contohnya : Bahasa Rakitan.

Sistem Operasi berfungsi sebagai perangkat penghubung antara komponen hardware dan software, sistem operasi juga memiliki arti sebagai :

➛Program Single Tasking, Contohnya : Dos
➛Program Multi Tasking, Contohnya : Windows, Unix, Linux

Konsep dasar instalasi sistem operasi berbasis text ini memiliki konsep dasarnya yaitu untuk melakukan perintah proses BOOTING dan sistem penginstalannya pun sangat unik. biasanya sudah terdapat pada memori yang disediakan oleh pabrikan pembuat memori.

Sistem Operasi berbasis text juga memiliki fasilitas yang sama dengan sistem operasi berbasis GUI seperti perintah BOOTING, Command Interpreter yang berfungsi untuk memfasilitasi pengguna dengan sistem operasi berbasis text, serta memiliki kelebihan yaitu dapat berinteraksi dengan program yang digunakan dengan perangkat kerasnya.

Jenis Sistem Operasi sudah menunjukkan perannya, khususnya didalam lingkup ilmu dan teknologi sistem komputer yang sangat membantu dalam mengelola data menjadi suatu informasi yang berguna dan bermanfaat.
Contoh : Dos, Windows, Unix, dan Linux.

2.) Sistem Operasi dibagi menjadi 2 kriteria yaitu :

1.) Sistem Operasi berbasis text dengan menggunakan DOS yang didalamnya terdapat program aplikasi berbasis text.
Contoh : WordStart, Lotus 123, dan Debase.

2.) Sistem Operasi berbasis GUI menggunakan WINDOWS yang didalamnya terdapat program aplikasi yang berbasis GUI.
Contoh : Microsoft Word, SpreadSheet, Microsoft Access.

A.) Disk Operating Sistem ( DOS )


DOS adalah Sistem Operasi komputer yang berbasis text. DOS memiliki sifat yang berdiri sendiri, user, dan hanya dapat digunakan oleh satu pengguna, pengoperasiannya hanya dapat melakukan 1 pengoperasian ( Single Tasking ).

Sistem Operasi ini juga dilengkapi fitur - fitur sangat canggih yang didalamnya terdapat sistem digital RESEARCH, SIMANTEC CORPORATION, SENTRAL POINT, dan memiliki manager memory yang diperluas atau EMM.
Contohnya : Microsoft DOS 1, hingga Microsoft DOS 7.

                      ➥

B.) Windows ( Microsoft Windows )


Windows adalah Suatu sistem operasi berkarakter Graphical user interface ( GUI ). Microsoft Windows memiliki sifat yang dapat digunakan oleh banyak pengguna / MULTI USER dan biasanya dapat melakukan berbagai macam proses ( Multi Tasking ) yang artinya dapat mengerjakan suatu program dalam waktu bersamaan.
Contohnya : Windows 1, 2, 3, 95, 98, ME, NT, Windows Xp, Vista, 7, 8, 9, 10

C.) UNIX


UNIX adalah Sistem Operasi yang awalnya diciptakan untuk sebuah proyek multi CS, yang fungsinya OS lainnya dapat melakukan berbagai macam proses atau multitasking. yang artinya dapat mengerjakan suatu program dalam waktu berbarengan, dan didesain sebagai SO yang portabel.
Contoh : A/UX, DISTRIX, AIX, DYNIX, dan SINIX.

D.) LINUX


LINUX merupakan sebuah sistem operasi yang dibuat oleh "Linus Torfalds". Pada awalnya, LINUX merupakan sebuah proyek hoby yang dikerjakan oleh "Linus Torfalds" dan system operasinya bersifat FREEWARE / OPEN SOURCE, perkembangan fitur didalamnya dimodifikasi / dikembangkan tanpa menggunakan lisensi dalam arti luas yaitu Perangkat Lunak yang penggunannya bebas dan sumbernya pun terbuka dan dapat dimodifikasi serta disebarkan secara bebas oleh siapa saja.
Contoh : Ubuntu, SUSE, Mandriva, Debian, Redeat, Knopiks.

Seperti itu pembahasan mengenai penjelasan dari mengenal sistem operasi berbasis DOS dan GUI pada komputer, Jika kalian ( Pembaca ) ada yang kurang paham / mempunyai pendapat yang berbeda dalam  , Silahkan masukkan komentar dibawah ini mengenai pengertian diatas. "Hatur Nuhun".

I will do something that starts from attraction :)

Share this