Pengertian Flowchart dan struktur algoritma dengan flowchart


 - Dalam untuk membuat sebuah proses, bagan, serta struktur yang jelas, tentu flowchat lah yang dapat membantu anda dalam menyelesaikan proses - proses tersebut. didalam flowchart itu sendiri terdapat bagan - bagan alir proses serta fungsi dari simbol tersebut, kalau didalam sebuah algoritma, flowchart itu sangat penting dan perlu untuk dipahami apalagi dalam sebuah pemograman.

Di artikel ini terdapat pembahasan mengenai definisi serta struktur dan diberikan sebuah penjelasan mengenai bagan alir flowchart serta pengertian Flowchart dan struktur algoritma dengan flowchart.

1. Definisi flowchart :

➟ Flow = Urutan / Proses.

Chart = Bagan, Diagram, Simbol, urutan proses algoritma dengan simbol- simbol flowchart.





Struktur algoritma dengan flowchart :

Algoritma pada awalnya dimodelkan dengan bentuk bangunan ruang oleh para ilmuwan ketika komputer mulai berkembang. model penulisan algoritma ini disebut disebut sebagai bagan alir atau flowchart. bagan alir ( Flowchart ) merupakan bagan ( Chart ) yang menunjukan aliran atau runtutan data dan proses ( Flow ) yang terjadi dalam program secara logika. Gaya perancangan algoritma dengan flowchart lebih dimengerti karena memiliki standar penggunaan yang sama.

➤ Hal ini disebabkan algoritma juga digunakan sebagai media berkomunikasi dan dokumentasi. Pedoman yang harus diikuti oleh perancang algoritma ketika menggunakan metode ini adalah sebagai berikut :

1.) Peletakan simbol bagan alir ( Flowchart ) sebaiknya dimulai dari atas kebawah dan dimulai dari sebelah kiri suatu halaman.

2.) Kegiatan didalam simbol bagan alir ( Flowchart ) harus ditunjukkan dengan jelas dengan nama kegiatan yang jelas.

3.) Harus dimulai dengan simbol start ( Awal ) dan diakhiri dengan simbol akhir end ( Akhir ).

4.) Setiap kegiatan harus memiliki input dan menghasilkan ouput.

5.) Penjelasan dalam simbol Flowchart sebaiknya menggunakan kata kerja, Misalnya :


     - "Entry Data Siswa"

     - "Hitung A + B".
     - "Membuat telur dadar"
     - "Memasak mie rebus" , Dsb.



2. Pengertian Interpreter & Compiler :

➤ Interpreter : Kode program akan diterjemahkan baris demi baris hingga akhir baris program

➤ Compiler : Program sistem yang digunakan sebagai alat bantu dalam pemograman.


3. Cara kerja Interpreter and Compiler :

Program sistem akan menterjemahkan kode pemograman bahasa seperti : ( C++, VB, Java dsb ) kedalam bahasa tingkat rendah ( bahasa mesin ) yang dimengerti oleh komputer.

Seperti itu pembahasan mengenai pengertian dari flowchart, Jika kalian ( Pembaca ) ada yang kurang paham / mempunyai pendapat yang berbeda dalam mengenai pemahaman dari , Silahkan masukkan komentar dibawah ini mengenai pengertian diatas. "Hatur Nuhun".

I will do something that starts from attraction :)

Share this